Wow, Laba-laba Produsen Jaring Bermutan Listrik.
Selasa, April 07, 2015

Wow, Laba-laba Produsen Jaring Bermutan Listrik.

http://www.merdeka.com/teknologi/menakjubkan-laba-laba-ini-mampu-ciptakan-jaring-beraliran-listrik.html
Uloborus
Sekilas jika di tanya "serangga apakah yang paling fenomenal?". Banyak orang yang menjawab dengan jawaban : "spider" (laba-laba). Tentu, laba-laba  adalah salah satu spesies serangga yang paling fenomenal, sefenomenal Spiderman dalam dunia film keluaran Hollywood. Di balik penampilannya yang menyeramkan, laba-laba dapat menghasilkan jaring super kuat yang menginspirasi berbagai penemuan manusia.
Namun, tidak banyak yang tahu bila ada spesies laba-laba yang mampu menghasilkan aliran listrik untuk menarik mangsa sebelum akhirnya dimakan oleh si laba-laba.
Laba-laba unik tersebut mempunyai nama 'Uloborus' dan banyak tersebar di daerah tropis seperti Indonesia, khususnya daerah Jawa, Sumatera, dan Papua. Laba-laba Uloborus tidak mempunyai racun seperti laba-laba lain, dan membunuh mangsa dengan cara meremukkan tubuhnya dan jaring listrik.
Berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Current Biology, ilmuwan telah menemukan rahasia di balik kemampuan laba-laba Uloborus untuk membuat jaring-jaring beraliran listrik.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Monique Brouillette, disebutkan bila laba-laba Uloborus menambahkan aliran listrik pada jaringnya dengan cara menggesekkan jaring baru dengan kaki belakangnya, Gizmodo (28/01).
Saat jaring yang masih berupa cairan yang keluar dari perut laba-laba, terdapat piringan-piringan khusus berbentuk sisir di kaki belakang laba-laba Uloborus tidak hanya bertugas memberi tekstur lengket pada jaring tetapi juga menambahkan aliran listrik.
Tentu saja listrik yang dihasilkan mempunyai tegangan dan energi yang sangat kecil. Akan tetapi, aliran listrik di jaring laba-laba Uloborus cukup kuat untuk menarik serangga lain untuk hinggap di sarangnya.
Metode ini sepintas mirip dengan trik menambahkan listrik statis pada penggaris dengan menggesek-gesekkannya rambut kering. Dengan begitu penggaris dapat menarik kertas-kertas kecil di sekitarnya. Wow, cukup unik dan fenomenal kan?

0 komentar:

Posting Komentar